Kebun Mawar Situhapa, Garut – Tempat Yang Pas Untuk Liburan Keluarga & Kunjungan Bisnis!

Kebun Mawar Situhapa, Garut – Tempat Yang Pas Untuk Liburan Keluarga & Kunjungan Bisnis!

Zaman sekarang banyak orang yang mencari tempat liburan dengan konsep“back to nature” alias kembali ke alam, dan Kabupaten Garut selalu memiliki inovasi baru dalam hal pariwisata khususnya yang bertama alam, seperti salah satu obyek wisata alam Kebun Mawar Situhapa. Ya, masyarakat sekitar menamai lahan kebun bunga ini dengan sebutan Situhapa.

Area taman bunga yang kini bernama Kebun Mawar ini memiliki luas tanah kurang lebih sekitar 5 hektar dengan ketinggian tanah sekitar 1.150 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju ke tempat wisata alam Kebun Mawar ini Anda bisa memilih salah satu dari 2 jalur yakni jalur pertama menuju ke daerah Garut dari Kota Bandung, atau jalur kedua melalui daerah Majalaya dan melewati kecamatan Ibun yang menuju ke daerah Kamojang. Jika Anda melalui jalur pertama Anda akan masuk ke Kota Garut lalu menuju ke kecamatan Samarang, lokasinya setelah objek wisata Kampung Sampireun atau Mulih Ka Desa. Sementara jika Anda melalui jalur kedua, letaknya tidak jauh dari kawasan wisata Kawah Kamojang.

Selama perjalanan menuju Kebun Mawar Situhapa dari arah Garut, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang eksotis dengan hamparan perkebunan dan bukit yang berbaris rapi. Udara segar nan alami dapat Anda rasakan selama perjalanan yang tentunya akan menggantikan rasa penat sesampainya di lokasi wisata Kebun Mawar Situhapa.

danau sithapa

Rancangan area wisata Kebun Mawar Situhapa ini dibuat seolah-olah seperti pulau-pulau, sehingga terdapat banyak ruang di antara pulau-pulau tersebut. Setiap rancangan yang dibentuk layaknya pulau memiliki jenis tanaman tertentu yang dinamai dengan Zona seperti Zona tanaman air, Zona Cana, Zona Azalea, Zona Mawar, Zona Begonia, dan masih banyak lagi. Ada ribuan jenis bunga yang ditanam di Kebun Mawar ini dan jumlah terbanyak adalah dari jenis bunga Mawar dengan jumlah sekitar 500 jenis lebih yang ada di Zona Mawar Damacena yang terkenal dengan pancaran keharumannya yang khas.

kms

Menurut pihak pengelola, butuh waktu sekitar 8 tahun untuk bisa mewujudkan tanah kosong sebelumnya menjadi Kebun Mawar yang dipenuhi ribuan jenis bunga yang indah dan menarik. Selain dapat menikmati keindahan bunga yang ada di Kebun Mawar ini, pihak pengelola juga menyedakan resort/penginapan, restoran, toko cenderamata, dan bengkel produksi minyak atsiri dari bunga mawar. Semua fasilitas pendukung senagaj dibangun di daerah pinggiran bukit agar tidak mengganggu tanaman bunga dan pemandangannya.

villa kms

Fasilitas resort yang ditawarkan oleh pihak pengelola sangat menarik dan akan membuat pengunjung merasa betah lama-lama tinggal di resort karena semua fasilitas disuguhkan dengan unik dan didesain dengan tradisional. Tempat penginapan berupa villa-villa dan bungalow sengaja didesain dengan bahan material kayu di mana halaman dipenuhi dengan bunga serta latar belakang pemandangan yang merupakan hamparan gunung Papandayan dan gunung Cikuray. Akan sulit untuk menemukan jenis pemandangan indah serupa nan langka di tempat wisata lainnya. Akomodasi lainnya yang tersedia ada tempat parkir yang cukup luas dan juga restoran. Saat Anda menginap di resort, Anda akan disuguhi juga dengan pemandangan milky way di langit yang bersih dan tidak terganggu oleh polusi udara.

resort kebun mawar

Jika Anda memilih menginap di resort Kebun Mawar Situhapa, Anda juga bisa mengunjungi Kawah Kamojang yang terletak tidak jauh dari lokasi wisata Kebun Mawar. Lalu Anda juga bisa mampir ke tempat wisata lainnya yang searah dengan tempat wisata ini seperti Mulih Ka Desa dan Sampireun.

Bagi Anda yang tidak berniat untuk menginap diresort, Anda tidak perlu khawatir karena tempat wisata Kebun Mawar ini juga bisa dikunjungi oleh umum dengan biaya masuk sekitar Rp15.000 baik dewasa maupun anak-anak. Kawasan wisata alam ini sangat cocok bagi Anda yang merencanakan liburan keluarga di akhir pekan atau kunjunga-kunjungan bisnis lainnya. Kebun Mawar, Situhapa berlokasi di Jl. Raya Kamojang Km. 5, Kec. Semarang, Garut, Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *